header ads
WHAT'S NEW?
Loading...

Wisata Kuta Juang (Bireuen - Aceh)

Kabupaten Bireuen Ibukotanya adalah Kota Bireuen. Kabupaten Bireuen adalah salah satu Daerah Tingkat II di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Menjadi kabupaten otonom sejak tahun 2000 sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Utara. Alamat Lokasi : Kantor Bupati Bireuen: Jl. Laksamana Malahayati. No. 1 Kabupaten Bireuen. Kabupaten Bireuen adalah salah satu Daerah Tingkat II di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Menjadi kabupaten otonom sejak tahun 2000 sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Utara.

Tugu Batee Kureng
Tugu Batee Kureng merupakan Tugu kebanggaan dari daerah ini. Alamat Lokasi : Terletak dipusat Kota Bireuen, didepan Meuligoe Bupati. Tugu Bate Kureng merupakan Tugu kebanggaan dari daerah ini. Terletak di tengah Kota Bireuen, tepatnya di depan Meuligoe (kediaman resmi) Bupati Bireuen. Batee adalah batu, dalam bahasa Aceh.

Pantai Krueng Juli - Ujong Blang
Pantai Krueng Juli - Ujong Blang menjadi salah satu tujuan rekreasi masyarakat, dan selalu ramai dikunjungi diakhir pekan. Pemandangan pantai yang indah menjadi daya tarik pantai ini. Alamat Lokasi : Desa Ujong Blang - Krueng Juli, Kec. Kuala. Kabupaten Bireun. Pantai Krueng Juli - Ujong Blang menjadi salah satu tujuan rekreasi masyarakat, dan selalu ramai dikunjungi diakhir pekan. Pemandangan pantai yang indah menjadi daya tarik pantai ini. 

Pantai Kuala Jeumpa
Dipantai ini selain sebagai tempat wisata pengunjung menikmati pemandangan pantai, juga sebagai tempat para nelayan menangkap ikan. Alamat Lokasi : Kecamatan Kuala Jeumpa, Kab.Bireuen. Selain sebagai tempat obyek wisata, disini pengunjung bisa melihat para nelayan beserta perahu mereka untuk menangkap ikan.

Makam Syuhada 8 (Kubu Lapan)
Makam Syuhada 8 terletak dipinggiran jalan B. Aceh - Medan. Makam ini merupakan salah satu makam syuhada yang syahid dalam peperangan melawan Penjajah Belanda. Alamat Lokasi : Jalan B.Aceh - Medan, Simpang Mamplam, Kabupaten Bireun. Pada awal tahun 1902, para syuhada ini menyerang pasukan patroli serdadu Marsose Belanda hingga menewaskan sepasukan yang berjumlah 24 orang. Dikala para syuhada sedang mengumpulkan senjata serdadu yang menjadi korban, tiba - tiba diserang oleh pasukan bantuan lainnya dari jurusan Jeunib, hingga kedelapan syuhada syahid sebagai bunga - bunga di tempat ini. Adapun 8 Syuhada yang syahid yaitu: 1. Tgk. Panglima Prang Rayeuk Djurong Bindje 2. Tgk. Muda Len Mamplam 3. Tgk. Njak Bale Ishak Blang Mane 4. Tgk. Meureudu Tambu 5. Tgk. Bale Tambue 6. Apa Sjech Lantjok Mamplam 7. Muhammad Sabi Blang Mane 8. Njak Ben Matang Salem Blang Teumeulek. Makam Syuhada 8 selalu ramai dikunjungi pengunjung, bahkan setiap orang yang melintasi jalan B. Aceh - Medan. 

Sungai Bate Iliek
Merupakan tempat rekreasi yg banyak dikunjungi, karena panorama sungai yang indah serta pemandangan alam yg mempesona. Alamat Lokasi : Jln. B. Aceh - Medan, Kecamatan Samalanga, 47 Km dari ibukota kabupaten Bireuen. Bate Iliek merupakan suatu sungai yang sangat jernih & dipenuhi dengan bebatuan besar, serta teduhnya pepohonan. Letaknya begitu strategis (dilintasan jalan B. Aceh - Medan). Tempat favorit masyarakat untuk berakhir pekan. 


Keripik Pisang
Keripik pisang merupakan makanan camilan khas dari daerah ini, karena Kabupaten ini terkenal dengan penghasil pisang. Alamat Lokasi : Sentra produksi: Kecamatan Jeumpa, Kec.Peusangan, dan Kec.Juli. Dari 151.933 batang pisang, dihasilkan 3.792 ton buah pisang. Pisang ini diolah menjadi keripik. Industri keripik pisang terbanyak di Kecamatan Jeumpa dengan 80 sentra produksi. Di kecamatan Peusangan dan Juli masing-masing terdapat 40 dan 10 sentra produksi. Masing-masing sentra rata-rata memiliki empat tenaga kerja, sehingga pembuatan keripik pisang setidaknya menyerap 500 tenaga kerja. Keripik pisang Bireuen menjadi buah tangan dengan harga Rp 5.000 hingga Rp 12.000 per kilogram.Keripik pisang ini dibuat dengan berbagai rasa, yaitu manis, dan asin.

Krueng Simpo
Merupakan tempat rekreasi yg banyak dikunjungi, karena panorama sungai yang indah serta pemandangan alam yg mempesona. Alamat Lokasi : Jln. Takengon, Kecamatan Juli, 18 Km dari ibukota kabupaten Bireuen. Krueng Simpo juga merupakan suatu sungai yang sangat jernih & dipenuhi dengan bebatuan besar, serta teduhnya pepohonan. Letaknya begitu strategis di lintansan jalan takengon. Tempat ini merupakan tempat favorit masyarakat untuk berakhir pekan.



Cot Panglima
Merupakan daerah di Perbukitan, merupakan tempat yang strategis untuk melihat panorama Kabupaten Bireuen, Aceh. Cot Panglima terletak  di jalan Bireuen-Tekengon Km 29 Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen. Daerah ini rawan longsor, dan uniknya jika longsor terjadi, maka penanganannya biasanya lambat. Kenapa?  Daerah ini wilayah Kabupaten Bireuen, namun merupakan urat nadi perekonomian Kabupaten Bener Meriah dan Kabupaten Aceh Tengah.
Terhadap objek wisata sejarah itu pernah dilakukan rehabilitasi seperti tempat santai atau tangga dan pagar untuk menaiki kawasan itu. Namun belakangan obyek wisata ini terlihat sepi. Salah satu penyebabnya barangkali karena jalannya sempit, terletak ditepi jurang, sehingga area untuk memarkirkan kendaraan pun sulit. Mudah-mudahan obyek wisata peninggalan Radio Rimba Raya yang merupakan Radio Republik Indonesia Darurat yang disiarkan di dataran tinggi Gayo ini dapat ramai kembali.

0 komentar: