ASAL-MULA-HURUF-HIJAIYAH
1. ALIF
Alif asalnya dari Alif
lafadz ALLAH,disebut juga sebagai Alif Ahadiyah/ Alif Dzatul Wahid yang
menunjukkan Dzat Sejati dan adanya Hidup sejati yaitu Allah sebagai
dzat MUTLAK atau ITLAQ
2. BA, TA, TSA, JIM, KHA, KHO, DAL, DZAL,
RO, ZA, SA, SYA, SHOD, DHOD, 'AIN, GHAIN, FA, QOF
Hufuf BA sampai QOF
asalnya dari sifat 20 yaitu menunjukkan adanya
sifat sejati , Wahdah sebagai wujud adanya Rupa Allah.
3. KAF DAN LAM
KAF DAN LAM asalnya dari amal dan
Ilmu menunjukkan adanya ASMA ,adanya Wahidiyah yaitu menyatakan
adanya AKBAR dan Wujud Asma Allah dan Asma keagungan Allah.
4. MIM, NUN, WAWU, HA, LAM ALIF, HAMZAH,
YA
MIM sampai YA asalnya
dari martabat tujuh (7 ) menunjukkan AF'AL yaitu adanya seluruh alam
semesta .
Martabat tujuh tersebut dibagi dua
(2)
1. MARTABAT KODIM
Martabat kodim adalah martabat
Ahadiyah ,Wahdah, dan Wahidiyah yaitu disebut LATA’YUN mulai dari
TA’YUN AWAL sampai TA’YUN TSANI
2. MARTABAT MUHADDAST
Martabat Muhaddast yaitu
lahirnya Alam Arwah , Alam Mitsal, Alam Ajsam dan Alam
insan Kamil.
Amal dan ilmu menjadi martabat
Dhohir dan Bathin
Amal sebagai Dhohirnya
Ilmu sebagai Bathinnya
Didalam Martabat Ahadiyah
menjadi kalimat “ASYHADU”
Martabat WAHDAH menjadi Kalimat
“ALLAH”
Martabat WAHIDIYAH menjadi
kalimat “MUHAMMAD”
Dan tempat berkumpulnya NUR yang disebut
NURULLAH dan NUR MUHAMMAD atau disebut NUR DZAT dan NUR
SIFAT.
Kalimat “MUHAMMAD”
menjadi iman Mufasil yang menunjukkan adanya hamba dan Allah
Allah berada dialam Qodim, sedangkan hamba berada
dialam Muhadast.
Iman Mujmal berasal dari NURULLAH
disebut dzat sejati
Iman Mufasil berasal dari NUR
MUHAMMAD disebut jasad jati
Alam Arwah menjadi Af'alullah
tanda adanya perbuatan Allah
Alam Mitsal menjadi Asmaullah
tanda adanya nama Allah
Alam Ajsam menjadi Sifatullah tanda
adanya Rupa Allah
Alam Insan Kamil menjadi Dzatullah
adanya wujud Allah
Bila bisa berkumpul antara iman
mujmal dan iman mufasil menjadi iman sempurna
0 komentar:
Post a Comment